Friday, June 24, 2011

MTQ XXIV Lotim, Upaya Nyata Membumikan Al-Quran

Kamis (23/6) lalu, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) mulai menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIV. Upaya nyata membumikan al-Quran menuju Lotim yang adil dalam kesejahteraan dan sejahtera dalam keadilan dalam lindungan Allah SWT itu akan dipusatkan di Wisma Haji Selong.

Ketua Umum Panitia MTQ, Dra. Hj. Sri Utami Afianti, M.AP mengatakan pelaksanaan MTQ kali ini bisa disaksikan secara terbuka oleh semua lapisan elemen masyarakat. Dimana, MTQ ini juga dirangkaikan dengan kegiatan pameran buku-buku bernuansa islami.

Pelaksanaan MTQ kali ini dihajatkan bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. MTQ bisa mencetak para qori’-qoriah (Pembaca) Quran terbaik Lotim, Hafidz-hafidzah (Penghafal) Quran terbaik Mufassir dan Mufassirah (Penerjemah) Quran terbaik. Nantinya, saat berlaga di tingkat provinsi bisa mengharumkan nama baik Lotim, serta bisa menjadi juara berlaga ditingkat nasional bahkan internasional.

Digelarnya MTQ ini tidak sekadar rutinitas tahunan birokrasi. Namun ingin dicapai tujuan dan tema besarnya. Antara lain menjadi ajang pembinaan dan kaderisasi bagi qori’qor’iah, hafidz hafidzah,mufassir mufassirah dan meningkatnya minat baca terhadap kitab Suci al-Quran. Terpenting tidak saja mampu menghafal, menulis dan memahami isi al-Quran, namun bisa menjalankan dan menyampaikan apa yang menjadi tuntunan Quran.

Asisten III Setda Loti mini menambahkan, MTQ sebagai ajang ukhuwah islamiyah, diharapkan pelaksanaannya bisa berjalan baik dan lancar. Para peserta cukup banyak. Dimana, masing-masing kecamatan akan mengutus 50 peserta dengan dua orang official dan satu orang pelatih.

Cabang-cabang yang dilombakan, antara lain Cabang Tilawah tiga golongan, dewasa, remaja dan anak-anak. Cabang tilawah golongan cacat netra, tartil, tahfidz, qiroatussab’ah, fahmil Quran, Syahril Quran dan Khottil Quran.

Pasca MTQ, pemkab Lotim tidak melepas begitu saja. Telah dijadwalkan ada pemusatan latihan lagi, Training Centre (TC) bagi para juara. Yakni mereka yang dipastikan ikut dalam ajang MTQ tingkat provinsi yang diketahui rencananya akan digelar di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) September 2011 mendatang.

No comments:

Post a Comment