Thursday, January 5, 2012

Kades Tirtanadi Dilantik


Kepala Desa Tirtanadi kecamatan Labuhan Haji, Ruspan akhirnya dilantik dan diambil sumpah jabatannya Rabu (4/1) kemarin. Prosesi pengambilan sumpah ini berlangsung lancar dan dihadiri ribuan masyarakat Desa Tirtanadi.

Camat Labuhan Haji, LL. Dami Ahyani melantik kades baru pemekaran dari Desa Korleko Kecamatan Labuhan Haji. Sementara Bupati Lotim H.M. Sukiman Azmy diwakili Staf Ahli Pemerintahan Sekretariaaqt Daerah Kabupaten Lotim, H. Muskirin.

Usai dilantik, Kades Tirtanadi, Ruspan menyampaikan siap melakukan perubahan di desa yang baru mekar dari Desa Korleko itu. Selaku pemegang amanah rakyat, ia ingin masyarakat desanya bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.

Masyarakat Desa Tirtanadi mayoritas petani dan peternak sapi. Persentase kemiskinan cukup tinggi. Tingkat kesejahteraan masyarakat masih rendah. Tampil sebagai kades satu-satunya pada saat suksesi Pilkades 8 Nopember 2011 lalu, menjadi modal atas kepercayaan masyarakat terhadapnya. Karenanya dijanjikan, upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi dambaan dan harapan ingin diwujudkan di Tirtanadi.

Kondisi kesehatan masyarakat yang masih rendah juga akan menjadi perhatian serius Kades baru ini. Menjadi tantangan berat karena dihadapkan pada sikap dan prilaku masyarakat.

H. Muskirin ketika menyampaikan pesan tertulis Bupati Lotim, HM. Sukiman Azmy menyampaikan harapan agar Kades terpilih Tirtanadi ini bisa merangkul semua elemen masyarakat yang pro maupun yang kontra. "Itu adalah tugas berat yang harus diselesaikan," ucap Muskirin.

Dikatakan membangun desa harus dengan dasar kebersamaan. Kades Ruspan diminta untuk satukan masyarakat. Jangan sampai ada yang terkotak-kotak. Dalam membangun roda pemerintahan, syarat wajib ada semangat kebersamaan.

Diketahui proses pilkades berjalan lancar. Hanya Ruspan sendiri sebagai calon. Karena alasan demokrasi, disiapkanlah kotak kosong disandingkan dengan gambar calon Kades Ruspan. Kemenangan mutlak diraih Ruspan dengan prolehan suara sah 2.198 suara dari 3.774 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kotak kosong dicoblos 970 orang dan tidak menggunakan hak pilihnya 558 orang. Keinginan masyarakat ingin dari dulu segera memiliki desa baru dan kepala desa baru. Sehingga lebih memudahkan pelayanan sebagaimana tujuan diadakannya pemekaran desa.

No comments:

Post a Comment