Thursday, March 22, 2012

Pemuda Tirtanadi Peduli Korban Banjir Bandang


SEPEKAN pascabanjir bandang menerjang Sembalun dan Sambelia, Rabu (20/3) puluhan pemuda yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Tirtanadi (IPT) di dampingi langsung Kepala Desa Tirtanadi, Ruspan langsung menyerahkan bantuan kepada warga Batu Sila Desa Dara Kunci Kecamatan Sambelia.

Bantuan langsung diterima Kadus Batu Sila, Maliki bersama warga di Masjid setempat. Kepada para pemuda warga Batu Sila mengaku sangat berterima kasih pada pemuda Tirtanadi. Ia menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya kepada atas perhatian pemua Tirtanadi.

Pemuda Tirtanadi lebih memilih menyerahkan langsung bantuan berupa mie instan, beras dan pakaian layak pakai kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

Camat Sambelia, Parihin pun sangat mengapresiasi IPT. Katanya, bantuan terus mengalir dari berbagai pihak. Seperti terlihat, di kantor Camat Sambelia puluhan kendaraan pengangkut sembako berdatangan.

“Ya, bantuan terus mengalir ini,” papar Camat Sambelia, Parihin yang ditemui di kantornya. Ia menuturkan meski para pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing bantuan terus mengalir dari sejumlah pihak. Selain dari pemerintah, pihak swasta dan elemen masyarakat sendiri.

Bantuan dari berbagai pihak itu kata Parihin selain diberikan kepada 1.013 pengungsi saat banjir bandang menerjang. Bantuan juga diberikan kepada masyarakat yang juga terkena dampak banjir bandang. Tidak termasuk memang mereka menjadi pengungsi yang keberadaannya hampir sepekan berada di pengungsian Kantor Desa Dara Kunci dan SMPN 2 Sambelia di Belanting. Saat ini semua sudah kembali ke rumah masing-masing. Namun, dipastikan penerima bantuan benar-benar yang berhak sesuai dengan hajat pihak yang memberikan bantuan.

Dipastikan Camat Sambelia ini, bantuan yang disalurkan ke tengah masyarakat tepat sasaran. Proses pendataan bahan bantuan berupa mie instan, beras, telur dan sejumlah pakaian layak pakai akan disalurkan benar-benar kepada pihak yang membutuhkan.

Adapun daerah-daerah yang nantinya mendapatkan bantuan karena masuk dalam katagori terkena musibah di wilayah Kecamatan Sembalun, sebut Parihin, terletak di tujuh desa. Yakni Des Dara Kunci, Belanting, Labuan Pandan, Dadap, Sugian, Senanggali dan Sambelia.

Kadus Batu Sila, Maliki yang menyatakan ucapan terima kasih sedalam-dalamnya kepada pihak yang peduli terhadap warganya. Harapannya, bantuan yang disalurkan nantinya benar-benar tepat sasaran. Tidak menyimpang dari niatan para pemberi bantuan.

Ditanya soal kemungkinan adanya banjir susulan melihat kondisi cuaca yang masih ekstrim, Maliki menyebutkan saat ini warganya sudah cukup tenang. Meski langit di atas pegunungan Rinjani terlihat lebih sering berwana hitam karena mendung tebal. Namun diyakini sudah cukup aman karena kehitaman awan dan intensitas hujan yang turun juga tidak terlalu tinggi. “Sudah aman sekarang,” paparnya.

No comments:

Post a Comment